From a Teacher

I can open up just about any news source and click on yet another manifesto about how teachers are exhausted, schools are failing, or parents don’t parent. But there is no other job I'd rather have than teaching right now. ~ Paul Barnwell~

TK Mandiri

TK Mandiri adalah sekolah yang didirikan oleh Yayasan Bina Mandiri melalu program CSR mereka.  Yang unik dari TK ini adalah para peserta didiknya; mereka semua berasal dari keluarga prasejahtera atau keluarga miskin. Silahkan lihat dokumentasi kunjungan saya di TK Mandiri Visits  .

TK Mandiri memang dikhususkan untuk anak-anak miskin. Sangking strict nya mereka terhadap policy ini, setiap siswa yang mendaftar akan disurvei oleh pihak yayasan. Hanya ingin meyakinkan jika anak ini benar-benar dari keluarga miskin.

TK ini memiliki beberapa cabang sekolah di daerah kumuh Jakarta seperti, Rawa Sengon, Rawa Bebek, Nalo, Sunter, Pondok Gede,  Sunter, Selapajang, Cilincing, Cipinang, Kebun Sayur dan banyak lagi. Umumnya sekolah hanya terdiri dari 1 ruangan kelas dan 1 WC. 1 kelas biasanya memiliki 2 orang guru yang mengajar TK A dan TK B.

Saya sendiri baru mengunjungi beberapa sekolah saja, itu pun karena ada observasi serta coaching dan mentoring guru yang mengalami masalah dengan manajemen kelas. Guru-guru di sini sangat berdedikasi walaupun gaji mereka tidak seberapa dengan fasilitas kelas ala kadarnya.

Mereka antusias dalam mengajar dan belajar. Selalu bersemangat dan memberi yang terbaik. Hasil kemampuan membaca anak-anak TK Mandiri mengalami peningkatan yang signifikan terutama setelah sekolah-sekolah ini mengimplemenatsi program Saya Suka Membaca. Guru-guru mengikuti program training dan coaching di kelas selama 2 tahun terakhir.

Sekolah-sekolah ini hanya memiliki 2 kepala sekolah; seorang kepala sekolah mengepalai beberapa sekolah.  Setelah beberapa tahun mengajar, guru-guru di sini mulai diangkat untuk menjadi trainer di daerah-daerah lain di Indonesia.

Nah, itu baru guru sejati!

Standing ovation buat guru-guru dan murid-murid TK Mandiri!

2 comments on “TK Mandiri

  1. El
    November 4, 2015

    maaf, bukannya di TK belum boleh diajarkan CALISTUNG ya?

    • trullymaria
      November 12, 2015

      Nah, perihal mengajar calistung di TK saya dengar isu tersebut tapi secara fisik saya belum menemukan peraturan Kemendiknas atau Dirjen PAUD yang secara gamblang melarang calistung di TK. Justru saya pernah membaca kebijakan penyusunan kurikulum PAUD/TK yang mengharuskan konsep bermain dimasukan dalam setiap pembelajaran. Pelajaran Membaca kami banyak kegiatan bermain dan yg menyenangkan bagi anak. Seandainya peraturan pelarangan Calistung yg resmi dari Kemendiknas ada, maka saya ingin sekali memperolehnya. Mungkin kita bisa berbagi disini. Makasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

House of Favor

Christian Child Care in Bogor

L A E L Learning Center

TEACH. SERVE. SHARE. LEARN. GROW.

Lael Learning Centre

Where everybody learns

%d bloggers like this: