From a Teacher

I can open up just about any news source and click on yet another manifesto about how teachers are exhausted, schools are failing, or parents don’t parent. But there is no other job I'd rather have than teaching right now. ~ Paul Barnwell~

Pola (Pattern)

Apa itu POLA?

 

 

Kita sadari atau tidak, dunia ini diisi dan diwarnai oleh begitu banyak pola; mulai dari motif baju, warna pelangi, tata surya, pada hewan, lampu lalu lintas, jadwal kegiatan, bahkan struktur DNA kita pun memiliki pola.

Oleh karena itu mengajar pola kepada anak-anak sangat berguna dan akan terpakai sampai kapanpun.

mengapa POLA sangat penting dalam pembelajaran?

Belajar pola tidak saja bagus tetapi juga menyenangkan. Pola merupakan dasar untuk proses berpikir penting dan keterampilan reasoning pada usia dini dan seterusnya sampai anak beranjak dewasa.

Mengajarkan pola, akan memberikan beberapa keuntungan yang substansial:

  • Anak-anak belajar untuk melihat pola ketika terlibat dalam situasi pemecahan masalah (problem solving situation)
  • Anak-anak yang memahami pola memiliki dasar yang kuat untuk mempelajari konsep-konsep matematika
  • Anak-anak akan membuat/melihat hubungan ketika mereka diberikan sebuah set angka atau data pada sebuah grafik.
  • Anak-anak mampu melihat pola pada puisi dan literatur.
  • Anak-anak dapat merasakan atau mengenali keteraturan yang ada di alam semesta.
  • Anak-anak menjadi sadar akan pola simetri dan geometri lainnya.
  • Anak-anak akan  membangun sensitifitas terhadap irama dalam hal suara dan gerak.
  • Anak-anak akan menghargai keindahan, irama, dan siklus alam (visual dan auditori)

bagaimana ANAK-ANAK dapat bekerja dengan pola?

Anak-anak dapat melihat pola, mendengar pola, menciptakan pola, dan memecah pola. Mereka dapat melanjutkan pola, meragamkan pola, dan memprediksi pola. Mereka Mereka dapat mengisi pola-pola yang kosong/menghilang dan menemukan elemen yang berulang di dalam pola. Mereka dapat menyadari bahwa pola terjadi pada situasi tertentu. Dan mereka bisa menggunakan pola untuk menyelesaikan masalah.

dimana pola bisa di tempatkan dalam KURIKULUM?

Pola memainkan bagian yang penting dalam proses berpikir matematika dan pemecahan masalah (problem solving). Tapi tidak hanya sampai di situ. Pola dapat ditemukan di berbagai area kurikulum. Contohnya IPA (science)  dan bentuk simetris dari sayap kupu-kupu atau pola warna kulit pada ular. Perhatikan juga pola artistik dari perhiasan yang dirangkai dan juga desain-desain motif pada kain. Juga dapat kita temukan pola pada musik dan kalender. Kita pun dapat menghargai pola istimewa yang kita temui pada bahasa sastra yang kita temui pada puisi, cerita dan buku bergambar yang dapat diterka ceritanya.

Pola adalah tema yang bisa kita lihat di seluruh bagian kurikulum – menyatukan, mengatur dan membuat sebuah konsep menjadi lebih fokus dan tajam.

Picture courtesy of http://www.jovotoys.com/JovoLessonsK2.html

Sumber: Exploring Patterns in Math & Beyond by Betsy Franco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

House of Favor

Christian Child Care in Bogor

L A E L Learning Center

TEACH. SERVE. SHARE. LEARN. GROW.

Lael Learning Centre

Where everybody learns

%d bloggers like this: